Fall In New England Part 2: Franconia Notch State Park and Vermont

Gosh, ini draft sampe debuan deh gak diselesaiin. Hahahaha. Padahal masih banyak utang cerita lainnya. Yosh marilah dirapel keburu basi (baca: keburu pulang kampung 😆 ).

Hari kedua di New Hampshire kita mau fokus buat main di Franconia Notch State Park. Karena judulnya State Park, jadi pas Government Shutdown kemarin tetap buka dan beroperasi seperti biasa. Franconia Notch State Park ini lokasinya dikelilingi oleh White Mountain dan rumah dari ski resort Cannon Mountain di New Hampshire. Ada berbagai macam atraksi yang bisa dilihat di Franconia Notch State Park ini. Dan untuk hari kedua kita berencana mengunjungi Flume Gorge, Cannon Aerial Mountain View Tram dan The Basin.

Flume Gorge

Gorge atau bahasa Indonesia nya bisa dibilang kayak semacam ngarai alami. Nah Flume Gorge ini adalah ngarai alami yang berlokasi di di dasarnya Mount Liberty dan terbetuk dari granite alami setinggi 21-27 cm. Mupeng lihat foto di Internet jadinya ini adalah tujuan pertama di Franconia. Karena Columbus Day Weekend jadi lumayan penuh. Cari tempat parkir susah. Dan begitu masuk ke visitor centernya ngantri tiketnya lumayan. Aku beli tiket sekalian paket dengan Cannon Aerial Tram. Namanya state park ya jadi mesti bayar yak. Hehehe.

Untuk menuju ke Flume kita mesti jalan dulu keluar masuk hutan, yang mana disaat puncaknya musim gugur di New England ini pemandangannya keren bangeet 🙂 Dalam perjalanan menuju Gorge kita melewati salah satu covered bridge New England yang terkenal.

Jalannya sendiri lumayan jauh. Tapi kalau menuju ke Flume Gorge nya agak menurun jadi gpp, tapi kalau baliknya nanjak. Hahaha, jadi lebih enak pakai shuttle yang disediakan sama park nya. Karena jalannya naik turun dan begitu sampai ke area Flume Gorge nya kita harus naik turun tangga jadi gak rekomen banget kalau kesini pake stroller. Baby carrier FTW deh pokoknya kalo disini. Amaze banget waktu meniti di Flume Gorge ini. Papahan batu granitnya yang megah dimana kita bisa lihat air mengalir ditengah-temgahnya yang bening bikin adem banget pemandangan.

Kita menjelajahi Flume Gorge sampai ke air terjun kecil yang ada diujung Gorge. Abis itu kita jalan balik ke arah visitor center. Kita betul-betul datang disaat yang pas banget. Warna warni musim gugurnya masih bervariasi (merah, kuning, hijau). Udaranya pun masih enak buat jalan-jalan. Pakai jaket tipis aja udah beres. Betul-betul senang bisa ajak Mama dan Bulek buat melihat cantiknya New England waktu musim gugur 🙂

More Pictures at Flume Gorge:

Canon Aerial Mountain Tram

Dari Flume Gorge kita menuju ke Canon Aerial Mountain Tram untuk melihat pemandangan seluruh Franconia State Park dari atas. Sebetulnya kalau musim dingin tempat ini salah satu ski resort. Jadi terlihat jalur-jalur ski yang biasa dipakai . Buat naik Tram nya sendiri ngantrinya lumayan. Belum lagi penuh di tram, jadi proses naik keatasnya aku kurang enjoy soalnya dempet-dempetannya kayak di busway. Apalagi banyak orang yang agresif banget pengen berdiri di dekat kaca Tram nya. Minta disikut bener. 😆

Sampai atas kita jalan sampai ke tempat observation viewnya. Sayang banget pas hari itu kita kejar-kejaran sama kabut. Jadinya begitu dapat tempat yang cerah, langsung duduk ngedeprok sambil menikmati pemandangan warna warni park karena musim gugur. Aslinya tinggi banget dan curam. Aghnan aku pegangin erat-erat. Si mama udah miris duluan liat tingginya 😆

Sayang abis itu kabutnya mulai ke tempat observation view. Jadi kita semakin gak bisa melihat  pemandangan ke bawah. Jadinya kita langsung turun ke bawah deh.

More Pictures at Cannon Aerial Mountain View:

The Basin

Tujuan selanjutnya adalah balik ke apartment karena pada masuk angin semua pas di observation view :lol:. Tapi begitu melewati The Basin kita tertarik untuk berhenti dan lihat ada apa disitu. Jadi The Basin semacam air terjun kecil yang bentuknya kayak cekungan mangkok. The Basin nya sendiri mungkin biasa aja. Cuman jalan menuju ke Basin baguus banget. Gimana yaa, Fall feels more romantic. 😆

Sampai The Basin nya sendiri aku bingung cari sudut foto yang pas buat dapat keseluruhan Basin nya. Jadi sedapetnya dapat kayak gini. Kalau dari atas bentuk aliran airnya melingkar gitu .

More pictures at The Basin:

Dari The Basin kita langsung balik menuju ke apartment sewaan. Beli makan dulu dan istirahat. Besok paginya kita berencana ke Vermont sebelum sorenya kembali balik ke Massachusetts. Vermont ini baguus banget ya pemandangan alamnya. Benar-benar mengingatkan aku dengan suara pedesaan di Austria atau Swiss. Sayang banget cuacanya kurang mendukung. Setengah perjalanan pemandangannya keren banget apalagi pas melewati lake region. Beautiful!. Sampai ke Montpelier cuacanya masih bagus. Jadinya langsung deh kite ke State House nya Montpelier buat foto-foto. Oh iya, Montpelier ini seharusnya jadi kota administrative nya Vermont. Yang mana, hehehe, mini banget 😆

More Pictures from Montpelier:

Sebetulnya abis dari Montpelier kita mau mampir pusatnya Ben and Jerry’s yang memang asalnya dari Vermont. Tapi sayang, begitu selesai makan siang hujan turun blas blas. Sedih sih jadi gak bisa menikmati Vermont lebih banyak. Kita cuman mampir Maple Farm buat beli Maple Syrup khas nya Vermont (yang mana enak banget nget nget. Not too sweet tapi yumm banget dimakan buat sarapn). Abis itu balik ke Massachusetts deh.

Sekian cerita jalan-jalan road trip kita terakhir di pesisir timur Amerika. Semoga bisa ada kesempatan lagi menjelajah cantiknya musim gugur di New England di masa mendatang 🙂